Yuk Jadi #BloggerAntiMager

Screenshot_2018-01-28-11-40-58[1]

Ahad (28/1) pagi di Gedung Proxsis, Kuningan, Jakarta Selatan, FLP Jakarta mengadakan workshop blog untuk anggota muda dan madya. Mau tahu apa saja workshop bertema Blogger Anti Mager ini? Berikut ane bagikan rangkuman materi dari narasumber dan handout yang dibagikan.

Blog itu sebenarnya kependekan dari weblog, yaitu jurnal online atau situs informasi yang menampilkan urutan kronologis terbalik. Postingan terakhir muncul lebih dulu. Blog tak resmi pertama dibuat pada 1994 oleh Justin Hall. Baru pada 1997, John Barger mengumumkan secara resmi blognya.

Lalu, kenapa kita perlu ngeblog? Apalagi zaman now ini, kita lihat makin banyak orang yang ngeblog, kan? Menurut Bang Jun Joe Winanto, setidaknya ada empat hal yang membuat blog makin dilirik:

  1. Blog menjadi sumber informasi
  2. Melalui blog, perusahaan bisa menjaga hubungan dengan klien dan pelanggan
  3. Pembaca bisa saling berinteraksi dengan sesama pembaca di blog
  4. Kamu juga bisa dapat duit dari blog, lho! What? Yup, it’s serious

Blogger Anti Mager

Terakhir, bagaimana cara kita agar menjadi blogger yang produktif? Bang Jun punya tujuh jurus yang bisa kita coba nih:

  1. Otomatisasi medsos
  2. Buat kalender editorial
  3. Gunakan sistem perencanaan
  4. Manajemen waktu
  5. Bergiat menulis
  6. Membaca
  7. Buat komentar (NO NYINYIR, ya!)

That’s all. Sebenarnya banyak tips, ilmu, dan pengalaman menarik yang Bang Jun bagikan kepada para peserta workshop kali ini. Karena keterbatasan yang ada, ane nggak bisa bagikan semuanya di sini, guys! Boleh dah kita kopdar kalau mau dapat bocoran materi yang lebih banyak. Sekian.